TEORI ETIKA BISNIS
Pengertian Etika
Etika berasal dari bahasa Yunani ‘ethos’ yang
berarti adat istiadat/ kebiasaan yang baik Perkembangan etika yaitu Studi
tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang
berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya
disebut juga filsafat moral adalah cabang filsafat yang berbicara tentang
praxis (tindakan) manusia. Etika tidak
mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus
bertindak.
Pengertian Bisnis
Menurut Huat, T Chwee,1990 bisnis dalam arti luas
adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang
memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu
sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat
(bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy
the needs of our society)
Pengertian Etika Bisnis
Menurut Velasques (2002) etika bisnis merupakan
studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini
berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan,
institusi, dan perilaku bisnis.
Macam-macam Etika Bisnis
Teori Utilitasme
v
Utilitas berarti “bermanfaat”
v
Menekankan Pembangunan Berkesinambungan
v
Mementingkan Konsekuensi
v
Dikritk dalam hal : Keadilan dan Hal
v
Dibedakan Utilitariasme perbuatan dan
Utilitarisme Aturan
Deontologi
v
Deon = Kewajiban (Yunani)]
v
Utamakan perintah dan larangan (agama)
v
Mengutamakan keadilan
Teori Hak
v
Hak tidak dapat dipisahkan dari
kewajiban
v
Didasarkan bahwa martabat manusia sama
v
Semakin banyaj Etika Bisnis menekankan
hak
Teori Keutamaan
v
Mementingkan sikap atau akhlak seseorang
v
Karena hidup yang baik virtuous life
(hidup berkeutamakan)
v
Keutamaan tidak sama untuk setiap bidang
v
Keutamaam, pebisnis: Kejujuran,
fairness, kepercayaan, keuletan
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar