Kamis, 05 Januari 2012

Lingkungan Bisnis
Dari tulisan saya sebelumnya, dibahas mengenai peluang – peluang bisnis bengkel sepeda motor serta apa saja yang harus diperhatikan dalam merealisasikan bisnis tersebut. Jika bengkel sepeda motor tersebut mendapatkan respon yang baik dari masyarakat dan mengalami kemajuan yang pesat sehingga bengkel tersebut ramai konsumen maka tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi lingkungan bisnis di sekitarnya.
Pengaruh tersebut bermacam - macam, yang pertama kemajuan bengkel sepeda motor tersebut dapat berpengaruh buruk pada bengkel – bengkel sepeda motor di sekitarnya. Ada kemungkinan bengkel sepeda motor yang lebih dulu ada akan pindah dan memilih bengkel sepeda motor kita dengan alasan lebih lengkap dan nyaman sehingga kebutuhan konsumen lebih terpenuhi dan terpuaskan.
Kemungkinan kedua adalah berdampak baik pada bisnis disekitarnya yang sudah ada lebih dulu. Misalnya samakin ramainya restoran di dekat bengkel tersebut, karena konsumen dari bengkel sepeda motor tersebut dapat makan atau sekedar minum sambil menunggu proses jasa bengkel selesai.
Kemungkinan ketiga adalah munculnya peluang bisnis baru. Misalnya bisnis yang menjual khusus stiker untuk sepeda motor. Walaupun di bengkel tersebut juga menjual stiker untuk sepeda motor, namun dengan bisnis ini dapat menjual stiker sepeda motor yang lebih lengkap dan beragam. Sehingga ada kemungkinen konsumen dari bengkel tersebut membeli stiker sepeda motor di tempat bisnis baru itu.
Jadi untuk membuat sebuah bisnis kitapun harus melihat lingkungan bisnis yang ada, agar dapat memperkecil resiko gagal dan memperbesar peluan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar