Di era globalisasi saat ini terjadi banyak perubahan
ataupun perkembangan yang terjadi dalam dunia teknologi, budaya dan ekonomi.
Untuk dapat bertahan dalam berbagai kemajuan yang terjadi, pemerintah melakukan
perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya adalah pendidikan
bahasa inggris. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa inggris telah menjadi
bahasa Internasional. Hampir semua negara menggunakan bahasa inggris sebagai
bahasa komunikasi sehari-hari. Melihat perkembangan
diberbagai bidang pula yang memerlukan kemampuan berbahasa inggris, tentunya
diharapkan masyrakat Indonesia mampu berbahasa inggris dengan baik sehingga
dapat meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.
Di Indonesia pendidikan
bahasa inggris sudah dilakukan sejak pendidikan tingkat taman kanak-kanak (TK)
sampai perguruan tinggi. Bahkan ada beberapa sekolah berstandar internasional
yang menerapkan bahasa inggris dalam seluruh kegiatan sekolah termasuk kegiatan
belajar di sekolah. Namun kenyataanya kemampuan berbahasa inggris masyarakat
Indonesia masih sangat kurang. Motivasi masyarakat dalam menggunakan bahasa
inggris di kehidupan sehari-hari masih sangat kurang. Hal lain yang mempengaruhi
motivasi menggunakan bahasa inggris adalah lingkungan. Jika lingkungan
seseorang biasa menggunakan bahasa inggris maka orang tersebut akan termotivasi
menggunakan bahasa inggris, tapi jika tidak terbiasa menggunakan bahasa inggris
maka tidak akan ada motivasi yang tumbuh untuki menggunakan bahasa inggris.
Jika seseorang telah mendapatkan pendidikan bahasa inggris namun lingkungannya
tidak mendukung, maka akan mengurangi motivasi dalam menggunakan bahasa
inggris. Jadi kedua faktor tersebut sangat behubungan satu sama lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar