Rabu, 28 Mei 2014

PENDIDIKAAN BAHASA INGGRIS DAN LINGKUNGAN MEMPENGARUHI MOTIVASI MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Di era globalisasi saat ini terjadi banyak perubahan ataupun perkembangan yang terjadi dalam dunia teknologi, budaya dan ekonomi. Untuk dapat bertahan dalam berbagai kemajuan yang terjadi, pemerintah melakukan perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya adalah pendidikan bahasa inggris. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa inggris telah menjadi bahasa Internasional. Hampir semua negara menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.  Melihat perkembangan diberbagai bidang pula yang memerlukan kemampuan berbahasa inggris, tentunya diharapkan masyrakat Indonesia mampu berbahasa inggris dengan baik sehingga dapat meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.
Di Indonesia pendidikan bahasa inggris sudah dilakukan sejak pendidikan tingkat taman kanak-kanak (TK) sampai perguruan tinggi. Bahkan ada beberapa sekolah berstandar internasional yang menerapkan bahasa inggris dalam seluruh kegiatan sekolah termasuk kegiatan belajar di sekolah. Namun kenyataanya kemampuan berbahasa inggris masyarakat Indonesia masih sangat kurang. Motivasi masyarakat dalam menggunakan bahasa inggris di kehidupan sehari-hari masih sangat kurang. Hal lain yang mempengaruhi motivasi menggunakan bahasa inggris adalah lingkungan. Jika lingkungan seseorang biasa menggunakan bahasa inggris maka orang tersebut akan termotivasi menggunakan bahasa inggris, tapi jika tidak terbiasa menggunakan bahasa inggris maka tidak akan ada motivasi yang tumbuh untuki menggunakan bahasa inggris. Jika seseorang telah mendapatkan pendidikan bahasa inggris namun lingkungannya tidak mendukung, maka akan mengurangi motivasi dalam menggunakan bahasa inggris. Jadi kedua faktor tersebut sangat behubungan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar