Sabtu, 06 Oktober 2012

PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI


PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI


1.    PENGERTIAN KEBUDAYAAN

IRIS VARNER & LINDA BEAMER

Kebudayaan adalah sebagai pandangan yang koheren tentang sesuatu yang dipelajari, yang dibagi, atau yang dipertukarkan oleh sekelompok orang.


LARRY A. SAMOVAR & RICHARD E. PORTER

Kebudayaan dapat berarti simpanan akumulatif dari pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, pilihan waktu, peranan, relasi ruang, konsep yang luas, dan objek material atau kepemilikan yang dimiliki dan dipertahankan oleh sekelompok orang atau suatu generasi.

GUDKUNTS & KIM

Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang dipertukarkan oleh sejumlah orang dalam sebuah kelompok yang besar.

LEVO - HENRIKSSON

Kebudayaan meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup - apapun bentuknya - baik itu mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat.

RENE CHAR

Kebudayaan adalah warisan kita yang diturunkan tanpa surat wasiat.

C.A VAN PEURSEN

Kebudayaan merupakan gejala manusiawi dari kegiatan berfikir (mitos, ideologi, dan ilmu), komunikasi (sistem masyarakat), kerja (ilmu alam dan teknologi), dan kegiatan-kegiatan.

2.    PENGERTIAN KONSUMSI

Menurut drs. Hananto dan Sukarto T.J

Konsumsi adalah bagian dari penghasilan yang dipergunakan untuk membeli barang-barang atau jasa-jasa guna memenuhi hidup.

Menurut Albert C Mayers

Konsumsi adalah penggunaan barang-barang dan jasa yang langsung dan terakhir guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Menurut ilmu ekonomi

Konsumsi adalah setiap kegiatan memanfaatkan, menghabiskan kegunaan barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan demi menjaga kelangsungan hidup.

3.    PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI
           
            Kebudayaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi suatu perilaku konsumen, dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap pembelian dan konsumsi. Kebudayaan akan membentuk suatu perilaku konsumen, mulai dari selera, kebutuhan, keinginan, maupun kepuasan. Oleh karena itu faktor kebudayaan sering dijadikan salah satu variabel dalam analisis perilaku konsumen, segmentasi pasar,            dan target pasar.

4.    PENGARUH BUDAYA DAPAT MEMUASKAN KEBUTUHAN

Budaya yang ada di masyarakat dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. Budaya dalam suatu produk yang memberikan petunjuk, dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dengan menyediakan metode “Coba dan buktikan” dalam memuaskan kebutuhan fisiologis, personal dan sosial. Misalnya dengan adanya budaya yang memberikan peraturan dan standar mengenai kapan waktu kita makan, dan apa yang harus dimakan tiap waktu seseorang pada waktu makan. Begitu juga hal yang sama yang akan dilakukan konsumen misalnya sewaktu mengkonsumsi makanan olahan dan suatu obat.

5.    CONTOH PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI

            Contoh di Negara Indonesia makan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari sudah menjadi suatu kebudayaan, dan pada akhirnya akan mempengaruhi pembelian dan konsumsi, yaitu permintaan, pembelian dan konsumsi beras atau nasi sangat tinggi, contoh tersebut dikondisikan pada kondisi normal.


  

REFERENSI





Tidak ada komentar:

Posting Komentar