PENGARUH
KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI
1. PENGERTIAN
KEBUDAYAAN
IRIS VARNER & LINDA BEAMER
Kebudayaan adalah sebagai pandangan
yang koheren tentang sesuatu yang dipelajari, yang dibagi, atau yang
dipertukarkan oleh sekelompok orang.
LARRY A. SAMOVAR & RICHARD E.
PORTER
Kebudayaan dapat berarti simpanan
akumulatif dari pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna,
hirarki, agama, pilihan waktu, peranan, relasi ruang, konsep yang luas, dan
objek material atau kepemilikan yang dimiliki dan dipertahankan oleh sekelompok
orang atau suatu generasi.
GUDKUNTS & KIM
Kebudayaan adalah sistem pengetahuan
yang dipertukarkan oleh sejumlah orang dalam sebuah kelompok yang besar.
LEVO - HENRIKSSON
Kebudayaan meliputi semua aspek
kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup - apapun bentuknya - baik
itu mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat.
RENE CHAR
Kebudayaan adalah warisan kita yang
diturunkan tanpa surat wasiat.
C.A VAN PEURSEN
Kebudayaan merupakan gejala manusiawi
dari kegiatan berfikir (mitos, ideologi, dan ilmu), komunikasi (sistem
masyarakat), kerja (ilmu alam dan teknologi), dan kegiatan-kegiatan.
2. PENGERTIAN
KONSUMSI
Menurut drs. Hananto dan Sukarto T.J
Konsumsi adalah bagian dari
penghasilan yang dipergunakan untuk membeli barang-barang atau jasa-jasa guna
memenuhi hidup.
Menurut Albert C Mayers
Konsumsi adalah penggunaan
barang-barang dan jasa yang langsung dan terakhir guna memenuhi kebutuhan hidup
manusia.
Menurut ilmu ekonomi
Konsumsi adalah setiap kegiatan
memanfaatkan, menghabiskan kegunaan barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan
demi menjaga kelangsungan hidup.
3. PENGARUH
KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI
Kebudayaan
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi suatu perilaku konsumen, dan pada akhirnya akan
berpengaruh terhadap pembelian dan konsumsi. Kebudayaan
akan membentuk suatu perilaku konsumen, mulai dari selera, kebutuhan, keinginan, maupun kepuasan. Oleh
karena itu faktor kebudayaan sering dijadikan
salah satu variabel dalam analisis perilaku konsumen, segmentasi pasar, dan target pasar.
4. PENGARUH
BUDAYA DAPAT MEMUASKAN KEBUTUHAN
Budaya yang ada di masyarakat dapat
memuaskan kebutuhan masyarakat. Budaya dalam suatu produk yang memberikan
petunjuk, dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dengan menyediakan metode
“Coba dan buktikan” dalam memuaskan kebutuhan fisiologis, personal dan sosial.
Misalnya dengan adanya budaya yang memberikan peraturan dan standar mengenai
kapan waktu kita makan, dan apa yang harus dimakan tiap waktu seseorang pada
waktu makan. Begitu juga hal yang sama yang akan dilakukan konsumen misalnya
sewaktu mengkonsumsi makanan olahan dan suatu obat.
5. CONTOH
PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI
Contoh
di Negara Indonesia makan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari sudah menjadi suatu kebudayaan, dan pada
akhirnya akan mempengaruhi pembelian
dan konsumsi, yaitu permintaan, pembelian dan konsumsi beras atau nasi sangat tinggi, contoh tersebut
dikondisikan pada kondisi normal.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar