2.1
PERILAKU
KONSUMEN
Menurut Laoudon dan Bitta
(1998) perilaku konsumen adalah suatu
proses pengambilan keputusan dan kegiatan individu secara fisik dalam mengevaluasi, memperoleh,
menggunakan atau mendapatkan barang dan jasa.
James F. Engel dalam buku Perilaku
Konsumen (Anwar Prabu, 2009 : 3) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai
tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh
dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan
keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.
Beberapa pakar dibidang manajemen
memberikan batasan yang sangat lengkap tentang perilaku konsumen. Engel,
Blackwell dan Miniard (1993), menyatakan tentang batasan perilaku konsumen
adalah, ‘We define consumer behaviour as
those activities directly involved in obtaining, consuming, and disposing of
product and services, including the decision processes that proceed and follow
these action’. Artinya, ‘Kami mendefinisikan perilaku konsumen sebagai
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan
menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan itu’.
Perilaku konsumen sebenarnya
merupakan tahapan-tahapan langkah yang ditempuh oleh individual atau
kelompok orang dalam rangka memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Menurut Schiffman dan Kanuk (1994), tahapan-tahapan
langkah yang dimaksud meliputi :
1. Need
Recognition (mengenali kebutuhan)
2. Pre-
Purchase Search (mencari informasi sebelum membeli)
3. Evaluation
of Alternatives (melakukan evaluasi terhadap beberapa pilihan)
4. Purchase
(pembelian)
1. Trial
(coba-coba)
2. Repeat
Purchase (melakukan pembelian ulang)
5. Post
Purchase Evaluation (melakukan evaluasi pasca pembelian).
Sebagai seorang
produsen memahami perilaku konsumen adalah hal yang sangat penting, dengan
memahami perilaku konsumen produsen tidak hanya dapat membuat produk yang
sesuai dengan kebutuhan konsumen tapi juga dapat memberikan kepuasan yang
maksimal bagi konsumen. Jika kita dapat memberikan kepuasan maksimal kepada
konsumen maka tujuan utama perusahaan akan tercapai yaitu mendapatkan serta
mempertahankan loyalitas pelanggan yang pada akhirnya memberikan laba yang
maksimal.
REFERENSI :
PERILAKU KONSUMEN DALAM PRESPEKTIF KEWIRAUSAHAAN. DR. H. MULYADI NITISUSASTRO(2012)
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
http://mistercela21.wordpress.com/2010/03/15/perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar