Selasa, 01 Januari 2013

PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM MEMBELI


PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM MEMBELI

1.      PERTIMBANGAN RASIONAL
Pertimbangan ini didasari oleh pemikiran bahwa suatu barang yang akan dibeli diperhitungkan secara rasioanl, maencangkup unsur-unsur ekonomis, efisien, efektif, sesuai kebutuhan, harganya sesuai dengan kemampuan, dan sesuai dengan takaran.
Contoh :
Seorang karyawan perusahaan mencari rumah tinggal yang berdekatan dengan tempat kerjanya agar memperpendek jarak tempuh ketika berangkat dan pulang ke kantor.

2.      PERTIMBANGAN IRASIONAL
Pertimbanga irasional atau emosioanal selai didasari oleh rasa yang direfrleksikan melalui pancaindera, juga motivasi untuk memiliki suatu produk yang tidak atau belum dimiliki oleh orang lain.
Contoh:
kebutuhan manusia.

3.      PERTIMBANGAN LAINNYA
Pertimbangan ini berada diantara pertimbangan rasional dan pertimbangan irasional/emosional.\

4.      PERTIMBANGAN EKONOMIS
Pertimbangan secara ekonomis terkait dengan perhitungan konsumen ecara ekonomis atas barang atau jasa yang akan dibeli. Konsumen akan mempertimbangkan dan menghitung-hitung secara ekonomis tentang manfaat yang akan diperoleh dengan pengorbanan yang akan dikeluarkan.

5.      PERTIMBANGAN PASIF
Pada tipiakal ini konsumen dianggap sebagai pembeli yang tidak berpikir secara rasional dan sangat dipengaruhi oleh faktot-faktor internal yang melekat pada individu setiap konsumen.

Sumber:
Dr. H. Mulyadi Nitisusastro. Perilaku Konsumen dalam Prespektif Bisnis. 2012. Alfabeta. Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar