PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM MEMBELI
1.
PERTIMBANGAN RASIONAL
Pertimbangan
ini didasari oleh pemikiran bahwa suatu barang yang akan dibeli diperhitungkan
secara rasioanl, maencangkup unsur-unsur ekonomis, efisien, efektif, sesuai
kebutuhan, harganya sesuai dengan kemampuan, dan sesuai dengan takaran.
Contoh
:
Seorang
karyawan perusahaan mencari rumah tinggal yang berdekatan dengan tempat
kerjanya agar memperpendek jarak tempuh ketika berangkat dan pulang ke kantor.
2.
PERTIMBANGAN IRASIONAL
Pertimbanga
irasional atau emosioanal selai didasari oleh rasa yang direfrleksikan melalui
pancaindera, juga motivasi untuk memiliki suatu produk yang tidak atau belum
dimiliki oleh orang lain.
Contoh:
kebutuhan
manusia.
3.
PERTIMBANGAN LAINNYA
Pertimbangan
ini berada diantara pertimbangan rasional dan pertimbangan irasional/emosional.\
4.
PERTIMBANGAN EKONOMIS
Pertimbangan
secara ekonomis terkait dengan perhitungan konsumen ecara ekonomis atas barang
atau jasa yang akan dibeli. Konsumen akan mempertimbangkan dan
menghitung-hitung secara ekonomis tentang manfaat yang akan diperoleh dengan
pengorbanan yang akan dikeluarkan.
5.
PERTIMBANGAN PASIF
Pada
tipiakal ini konsumen dianggap sebagai pembeli yang tidak berpikir secara
rasional dan sangat dipengaruhi oleh faktot-faktor internal yang melekat pada individu
setiap konsumen.
Sumber:
Dr.
H. Mulyadi Nitisusastro. Perilaku Konsumen
dalam Prespektif Bisnis. 2012. Alfabeta. Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar