SUMBER DAYA KONSUMEN
DAN PENGETAHUAN
1.
Pengertian Sumber Daya Konsumen
Sumber Daya Konsumen adalah semua pendapatan atau kekayaan yang dimiliki
seorang konsumen yang bertujuan untuk menentukan apa yang akan dibeli oleh
konsumen (keputusan konsumen).
2.
Pengertian Pengetahuan
pengetahuan merupakan segala sesuatu yang diketahui yang diperoleh dari
persentuhan panca indera terhadap objek tertentu. Pengetahuan pada dasarnya
merupakan hasil dari proses melihat, mendengar, merasakan, dan berfikir yang
menjadi dasar manusia dan bersikap dan bertindak.
3.
Sumber Daya Konsumen
Sumber Daya Konsumen Ekonomi (Uang)
Uang adalah alat transaksi yang sangat
diperlukan oleh konsumen untuk membeli produk. Keputusan Konsumen sehubungan
dengan produk dan merek sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya
ekonomi misalnya uang. Tanpa uang konsumen tidak bisa membeli apapun.
Pembelian sangat dipengaruhi oleh pendapatan konsumen sama halnya dengan,
harapan konsumen mengenai pendapatan masa datang menjadi variabel penting dalam
meramalkan perilaku konsumen.
Sumber Daya Konsumen (Waktu)
Sumber Daya Temporal – Waktu
Waktu menjadi variabel yang semakin
penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena, konsumen semakin mengalami
kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan
untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. Produk yang
diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time
goods).
•
Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu
dalam mengkonsumsinya. Contoh: Berenang, sepak bola, badminton (waktu Senggang)
Tidur, perawatan tubuh, pulang pergi (waktu wajib).
• Barang
Penghemat Waktu Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan
waktu leluasa mereka. Contoh: Rice Cooker, Mesin Cuci, Handphone.
SumberDaya
Sementara
a. Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala mengkonsumsinya. Contoh: Menonton TV, Memancing, Golf, Tennis (waktu Senggang) Tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
b. Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food
a. Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala mengkonsumsinya. Contoh: Menonton TV, Memancing, Golf, Tennis (waktu Senggang) Tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
b. Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food
Sumber Daya Konsumen (Perhatian)
Sumber Daya Kognitif – Perhatian
Sumberdaya Kognitif menggambarkan
kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan
informasi Alokasi Kapasitas Kognitif dikenal sebagai perhatian (attention).
Perhatian terdiri dari dua dimensi:
• Arahan (direction)
menggambarkan fokus perhatian
• Intensitas mengacu pada jumlah
kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu. Karena kapasitas tersebut
terbatas, orang harus selektif dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa
banyak perhatian dialokasikan selama pengolahan informasi.
4.
Kesimpulan
Jadi sebagai konsumen harus memperhatikan kemampuan sumber
daya untuk membeli atau mengkonsumsi suatu barang. Konsumen juga perlu memiliki
pengetahuan akan barang yang akan dibeli yang meliputi manfaat, harga, kualitas
dan cara mengoptimalkan pemakaian sumber daya yang dimiliki konsumen. Jika
semua tindakan tersebut sudah dilakukan, maka anda akan menjadi konsumen yang
pintar dan dapat menghindari kerugian sebagai konsumen.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar